Penjelasan Al-Qur'an Mengenai Kejahatan Pada Malam Hari

Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh

   Kesempatan demi kesempatan akan sangat saya manfaatkan untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat bagi saudara-saudara sesama muslimku. Dengan demikian maka kita sebagai sesama muslim setidaknya harus menyampaikan sesuatu yang bermanfaat juga bagi saudara muslim kita yang belum mengetahui informasi tersebut.
( Baca Juga : Azab Karena Mencela Orang Lain Dalam Al-Qur'an )


Contoh Kejahatan Malam

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan kepada saudara-saudara satu muslimku mengenai penjelasan Al-Qur'an tentang kejahatan pada dimalam hari. Pasti sudah banyak yang sudah tahu mengenai kejahatan, kejahatan memang menjadi salah satu hal yang sangat umum terjadi dalam suatu lingkungan. Tidak lepas dari itu, kejahatan juga banyak dilakukan pada malam hari dengan memanfaatkan malam Allah SWT Astaghfirulloohal adzim. Oleh karena itu marilah kita memaknai salah satu ayat Allah SWT yang sudah dituliskan dalam Al-Qur'an sejak zaman nabi.
( Baca Juga : Penjelasan Lengkap Surah Al-Fill Ayat 4 dan 5 )

Dalam surah Al-Falaq ayat 1 sampai ayat 3 dijelaskan sebagai berikut :

Ayat 1
Ayat 1 Surah Al-Falaq

Bacaan Latin : Qul a'uudzu bi robbil falaqi

Artinya : Katakanlah, "Saya berlindung kepada Tuhan Yang memiliki Subuh,"

Penjelasan : Pada ayat diatas dapat kita mengambil kesimpulan bahwa sesungguhnya Allah adalah pemilik, pencipta dan yang memberikan kehidupan dari segala alam semesta yang indah ini. Allah SWT memiliki waktu Subuh yang sangat penting dijalankan oleh seorang muslim karena pada waktu subuh itulah permulaan dari segala kegiatan yang ada didunia ini.
( Baca Juga : Syarat Wajib Bagi Orang Yang Hendak Berwudhu )

Ayat 2
Ayat 2 Surah Al-Falaq

Bacaan Latin : Min syarri maa kholaqa

Artinya : "dari kejahatan apa (makhluk) yang telah diciptakanNya"

Penjelasan : Kejahatan makhluk yang dimaksud dalam surah diatas adalah perilaku buruk manusia yang tidak mencerminkan moral kemanusiaan serta keadilan, padahal ia adalah makhluk yang telah diciptakan oleh Allah SWT tetapi ia tidak mau untuk tunduk dalam peraturan yang telah ditetapkanNya.
( Baca Juga : Penjelasan Berdoa Kepada Allah Menurut Surah Al-Insyirah )

Ayat 3
Ayat 3 Surah Al-Falaq

Bacaan Latin : Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqoba

Artinya : "dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita"

Penjelasan : Pada ayat ini penjelasan mengenai kejahatan malam sudah nampak jelas bahwa Al-Qur'an saja sudah dapat menjelaskan sesuatu jauh sebelum manusia mengetahui dengan akal pikirannya sendiri, karena dunia ini diciptakan sudah dalam roda perputaran yang bathil. Dengan penjelasan mengenai kejahatan dari malam yang gelap gulita telah memberanikan sebagian dari manusia untuk bertindak buruk yang sebenarnya itu telah dilarang oleh Allah SWT.
( Baca Juga : Manfaat Berpesan Sesama Muslim Dalam Surah Al-Ashr )

Dengan penjelasan diatas semoga dapat menjadi inspirasi untuk membangun benteng yang sangat tebal agar kita semua dapat menahan ajakan-ajakan syaitan yang terkutuk untuk ingkar dalam jalan Allah SWT.
( Baca Juga : Rukun Terpenting Ketika Berwudhu )

Wassalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penjelasan Al-Qur'an Mengenai Kejahatan Pada Malam Hari"

Post a Comment