Rukun Terpenting Ketika Berwudhu

  Habis sholat gini enaknya bicarakan soal agama apalagi sekarang kan bulan Ramadan jadi harus bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan kegiatan yang bermanfaat tentunya. Setelah memposting mengenai Syarat Wajib Bagi Orang Yang Hendak Berwudhu gak komplit rasanya kalau gak bahas semua mengenai wudhu. Dan pada pagi hari ini saya akan membagikan Rukun Terpenting Ketika Melakukan Wudhu.


Mengambil Air Suci

( Baca Juga : Azab Bagi Orang Yang Suka Mencela Orang Lain )



Rukun-rukun Terpenting Ketika Berwudhu

1. Niat berwudhu.



Bacaan Niat Wudhu

Bacaan Latin : Nawaitul wudhuu-a li rof il hadatsil ash-ghori fardhon lil laahi ta'ala.

Artinya : "Aku berniat untuk menghilangkan hadats kecil wajib karena Allah Ta'ala."

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa yang dapat dibersihkan oleh wudhu adalah hadats kecil saja, namun untuk yang berhadats besar dilarang untuk melakukan wudhu seperti yang dijelaskan tadi  pada nomor 4 mengenai Larangan Berwudhu Bagi Yang Berhadats Besar. Contoh dari hadats kecil adalah buang air kecil dan buang angin.

2. Membasuh muka

Membasuh Muka

Membasuh muka juga merupakan rukun terpenting ketika berwudhu karena bagian ini sangat umum sekali dalam kehidupan sehari-hari. Seperti memakai bedak muka, lotion, pelembab dan lain sebagainya. Oleh karena itu membasuh muka penting bagi kesempurnaan wudhu.

3. Membasuh kedua tangan sampai siku

Membasuh Kedua Tangan Sampai Siku

Membasuh tangan juga merupakan adab wudhu tetapi membasuh kedua tangan sampai siku siku merupakan rukun yang harus dilakukan demi menyempurnakan wudhu seseorang. Membasuh kedua tangan sampai siku juga harus mengikuti rukun yang ada, yaitu tidak dengan hanya dibasuh tetapi juga digosok apabila mungkin ada kotoran yang masih menempel dan untuk memberikan kebersihan yang sempurna pada kedua tangan kita.

4. Mengusap sebagian rambut kepala

Mengusap Rambut

Rukun keempat yaitu mengusap sebagian rambut kepala, mengusap rambut dalam wudhu ini tentu berbeda antara laki-laki dan perempuan. Mungkin yang saya tahu mengusap rambut kepala pada laki laki hanya mengusap bagian depan rambut saja. Kalau untuk perempuan saya juga tidak tahu karena perbedaan panjang antara rambut perempuan dan laki laki sangat berbeda.

5. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki

Membasuh Kaki

Rukun Kelima adalah membasuh bagian kedua kaki sampai ke mata kaki yang rukun ini menjadi rukun terakhir dari langkah langkah berwudhu. Mungkin karena kaki kita pernah menginjak sesuatu yang tidak baik, kotor dll yang menjadi alasan mengapa membasuh kaki menjadi rukun terpenting dalam melakukan wudhu.

6. Tertib/Urut

Mengikuti Sesuai Urutan

Tertib merupakan hal terpenting dalam kesempurnaan suatu wudhu seseorang karena tidak dapat dipungkiri lagi jika seseorang dapat melakukan langkah langkah wudhu dari awal sampai akhir dengan berurutan maka wudhunya juga pasti akan sempurna, sedangkan jika wudhu seseorang tidak berurutan maka wudhu seseorang itupun tidak dapat dikatakan sempurna karena tidak pada konsekuensi yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa Rukun Terpenting Ketika Berwudhu. Oleh karena itu marilah kita sempurnakan ibadah kita mulai dari yang dasar yaitu wudhu jika bagus wudhu seseorang maka bagus pula ibadah yang ia kerjakan.

Wassalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rukun Terpenting Ketika Berwudhu"

Post a Comment