Penjelasan Lengkap Surah Al-Fill Ayat 4 Dan 5

  Pertama-tama saya sedikit berbagi sebuah cerita yang mungkin sobat semua sudah tahu dengan cerita ini, Cerita tentang lahirnya nabi Muhammad SAW juga diperingati dengan Tahun yang disebut dengan Tahun Gajah.

Ka'bah Mekah

Mengapa disebut dengan tahun Gajah?  karena pada hari tahun itu seorang raja Yaman merasa iri dengan pengunjung mekah yang semakin hari semakin bertambah banyak sementara dikotanya tidak ada yang mau berkunjung karena semuanya berpindah ke kota mekah.

Oleh karena itu Abrahah menarik perhatian pengunjung dengan membuat patung besar yang terbuat dari emas, namun hasilnya pun sia sia karena semakin hari mekah banyak sekali dikunjungi orang dari seluruh dunia.
Gerombolan Gajah

Karena tidak ada jalan lain lagi Abrahah memutuskan untuk menghancurkan rumah Allah yaitu kota mekah dengan membawa 10.000 bala tentara yang memakai gajah sebagai kendaraannya.

Karena melihat hal itu penduduk mekah menjadi takut dan gelisah, salah satunya adalah kakek nabi Muhammad yang berdoa disamping ka'bah mekah mohon perlindungan dari Allah Swt.

Karena tindakan Abrahah yang berusaha menghancurkan Ka'bah Allah swt pun menurunkan firmannya yaitu Surah Al-Fill ayat 1 - 5. Tetapi marilah kita membahas ayat 4 dan 5 yang menurut saya penting untuk kita maknai bersama.

Al-Fill Ayat 4


Bacaan Latin Al-Fill ayat 4 : Tarmiihim bihijaarotin min sijjiilin

Arti dari surah Al-Fill ayat 4 : "yang melempari mereka dengan batu yang terbakar"

Penjelasan mengenai ayat 4 surah Al-Fill : Allah swt telah mengabulkan doa dari kakek nabi muhammad dan melindungi ka'bah dengan mengirimkan ratusan bahkan ribuan burung yang langsung didatangkan oleh Allah swt. Maksud dari melemparkan batu yang terbakar adalah bahwa Allah swt telah mengirimkan bantuan berupa ribuan burung yang membawa batu terbakar yang diambilnya langsung dari neraka. Seketika itu pula 10.000 pasukan bergajah Abrahah langsung terbakar habis oleh serangan yang diluncurkan burung tersebut, penjelasan ini pula terdapat pada surah Al-Fill ayat 5 yang berbunyi :

Surah Al-Fill Ayat 5


Bacaan latin Al-Fill ayat 5 : Faja'alahum ka'ash fin makkuulin

Arti dari surah Al-Fill ayat 5 : "maka mereka dijadikan-Nya seperti daun daun yang dimakan ulat"

Penjelasan surah Al-Fill ayat 5 : Dengan dilemparkannya batuan yang dibawa langsung dari neraka pasukan bergajah Abrahah tidak bisa berbuat apa apa kecuali merasakan kesakitan yang luar biasa karena panas dari batu terbakar yang dilemparkan oleh burung burung Allah.

Maka dari itu kita wajib untuk saling tolong menolong dan menghindari rasa iri hati karena orang yang iri hati atau dengki tidak akan disuka oleh orang lain apalagi oleh Allah swt tuhan yang maha esa. Semoga dengan penjelasan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan dapat memberikan kita semangat untuk terus memperbaiki ibadah kita kepada Allah swt.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penjelasan Lengkap Surah Al-Fill Ayat 4 Dan 5"

Post a Comment