Azab Karena Mencela Orang Lain Menurut Surah Al-Humazah

Pada hari ini saya akan membagikan sebuah ayat Al-Qur'an nur karim yang menjelaskan bagaimana siksaan yang didapatkan oleh seseorang yang mengumpat dan mengejek orang lain.
Contoh Kata Bijak

Mengejek atau mengumpat disini dijelaskan adalah sesuatu kata atau kalimat yang dikeluarkan oleh lidah yang bertujuan untuk menghina,mencela, menyakiti perasaan orang lain dan membicarakan hal hal yang tidak baik terhadap orang lain.

Dalam al-Qur'an juga dijelaskan dalam surat Al-Humazah ayat 1 dan ayat 4 tentang balasan yang didapatkan orang diakhirat karena mencela orang lain.

Surah Al-Humazah Ayat 1




Bacaan Latinnya Adalah : Waylun likulli humazatin lumazatin.

Arti dari surat Al-Humazah ayat 1 tersebut adalah :

"Kecelakaan bagi setiap orang yang mengumpat (membicarakan orang lain) dan mengejek."

Dari arti surat Al-Humazah ayat 1 diatas dapat diambil kesimpulan bahwa setiap orang yang mencela orang lain baik itu temannya, saudaranya, keluarganya, ataupun orang lain maka ia akan mendapatkan celaka di hari pembalasan nanti yaitu hari kiamat.

Ada suatu informasi yang telah dibagikan oleh Ustadz Qudrat bahwa seseorang yang mencela sesama muslimnya dengan maksud yang tidak baik dan yang dicela ini tidak membalas celaan dari si pencela maka seluruh dosa dari yang dicela ini akan berpindah ke si pencela ini dan otomatis si pencela ini akan menanggung dosa yang lebih besar lagi.

Jadi untuk sobat Jonny yang sudah membaca dan memaknai arti serta kandungan dari ayat tersebut saya yakin tidak ada yang berani mencela sobat muslim kita yang lain.

Untuk itu saya juga menjelaskan azab yang didapatkan seseorang yang saya dapatkan dari surat Al-Humazah ayat 4 tentang mencela sesama muslimnya dengan alasan yang tidak baik.

Surah Al-Humazah Ayat 4
Latin : Kalla layunbadanna fill huthomati.

Artinya : "Jangan demikian, sungguh ia akan dicampakkan (dilemparkan) dalam Huthamah (neraka)

Oleh karena itu kita semua tidak boleh saling menghina atau mencela apalagi dengan orang terdekat kita, masih banyak perbuatan baik yang bisa kita lakukan selain menghina orang lain. Marilah kita bangun rasa saling menghormati sesama manusia dan umat beragama, jangan lah menjadi seorang pencela karena perbuatan itu ada akibatnya.

Postingan ini juga saya buat untuk teman saya WBR yang sering menghina saudara Al*y.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Azab Karena Mencela Orang Lain Menurut Surah Al-Humazah"

Post a Comment