Penjelasan Berdoa Kepada Allah Menurut Surah Al-Insyirah

Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh

   Halo Saudara/i Muslim... Alhamdulillaah saya masih diberikan nikmat kesehatan dan kesempatan oleh Allah SWT sehingga pada kesempatan ini saya dapat memberikan kembali informasi islamiyah yang insya Allah dapat bermanfaat dan menjadikan kita muslim yang beriman.
( Baca Juga : Azab Mencela Sesama Muslim )

Berdoa Kepada Allah

Kesempatan ini akan saya gunakan untuk menyampaikan sebuah informasi mengenai Berdoa Kepada Allah SWT Sesudah Mengerjakan Sesuatu di dunia. Kadang kita selalu lupa bahwa Allah SWT selalu memperhatikan setiap gerak gerik makhluknya, sehingga dapat selalu memotivasi kita agar selalu berwaspada terhadap apa yang kita kerjakan di dunia ini.
( Baca Juga : Rukun Terpenting Ketika Berwudhu )

Sebelum kita masuk ke Penjelasan Surah Al-Insyirah mari kita menyimak sebuah firman Allah yang menurut saya sangat berkaitan erat dengan Doa.

Firman Allah Dalam Al-Qur'an

Dan Tuhanmu Berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan yang hina." [QS. 40 : 60]

Dari firman Allah tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa Allah SWT akan memasukkan setiap manusia ke neraka Jahannamnya jika manusia itu menyombongkan diri dari beribadah kepada Allah dan tidak mau bersujud kepadaNya.
( Baca Juga : Penjelasan Lengkap Surah Al-Fill Ayat 4 dan 5 )

Surah Al-Insyirah Ayat 7

Surah Al-Insyirah Ayat 7

Bacaan Latin : Fa Idzaa faroghta fanshob.

Artinya : "Maka apabila kamu telah selesai (urusan dunia) maka bersungguh-sungguhlah (dalam beribadah),

Penjelasan : Dari ayat diatas kesimpulan yang dapat kita ambil adalah jika sesuatu yang kita kerjakan untuk kebutuhan dunia telah selesai, maka kita diwajibkan untuk beribadah kepada Allah dengan bersungguh-sungguh demi mendekatkan diri kembali kepada Allah setelah kita melupakannya karena kegiatan dunia. Jadi jangan ada yang sampai lupa untuk beribadah setelah mengerjakan kegiatannya yah!!
( Baca Juga : Syarat Wajib Bagi Orang Yang Hendak Berwudhu )

Ayat Al-Insyirah Ayat 8

Surah Al-Insyirah Ayat 8

Bacaan Latin : Wa ilaa robbika farghob

Artinya : "Dan hanya kepada tuhanmulah berharap."

Penjelasan : Ayat terakhir dari surah Al-Insyirah membawa makna yang sangat besar bagi umat muslim karena dengan memaknai ayat satu ini Insya Allah dapat memberikan kita motivasi untuk terus beribadah kepada Allah. Kita sebagai umat muslim wajib untuk terus beribadah dan berdoa jika sesuatu terjadi kepada kita baik itu keadaan senang maupun keadaan susah, karena hanya Allah lah tuhan dari segala tuhan yang ada di alam semesta ini.
( Baca Juga : Manfaat Berpesan Sesama Muslim )

Demikian yang dapat saya informasikan kepada saudara/i muslim, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi teman semua dan menjadi motivasi untuk terus beribadah kepada Allah SWT.

Wassalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penjelasan Berdoa Kepada Allah Menurut Surah Al-Insyirah"

Post a Comment