Manfaat Berpesan Sesama Muslim Dalam Surah Al-Ashr

Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh

   Pada sore hari yang indah ini saya akan memberikan sebuah informasi mengenai Berpesan Sesama Muslim Dalam Surah Al-Ashr  baik itu untuk di dunia maupun di akhirat kelak. Namun sebelum itu ada baiknya jika kita memulainya dengan mengucapkan basmalah agar pelajaran yang kita pelajari kali ini dapat membawa berkah kepada kita semua AMIN.
( Baca Juga : Rukun Terpenting Ketika Berwudhu )


Berpesan Sesama Muslim

Suatu ketika mengikuti sebuah tausiyah yang dibawakan oleh ustadz di salah satu masjid, saya mendengar suatu hadits yang dengungkan oleh ustadz itu dengan suara yang lantang bawasanya "sampaikanlah walau satu ayat.." hadits ini juga memiliki makna bahwa kita sebagai seorang muslim, seorang hamba Allah SWT memiliki kewajiban untuk menyebarkan kebenaran dalam agamanya walaupun itu hanya sebuah ayat.

Hadits diatas juga mengajarkan kepada kita untuk menjadi manusia yang dapat memberikan manfaat dalam sisa umur kita ini, untuk apa mempunyai umur yang panjang jika tidak bermanfaat tetapi cobalah untuk memberikan manfaat walaupun umur kita tidak panjang.
( Baca Juga : Azab Bagi Orang Yang Mencela Orang Lain Menurut Surah Al-Humazah )


Lebih Baik Pendek Umur Tapi Berkah

Dalam Al-Qur'an juga menyatakan hal tersebut bahwa manusia diwajibkan untuk berpesan dengan kebenaran dan dengan kesabaran, hal ini tertuang dalam surah Al-Ashr Ayat 2 dan 3 yang akan saya bahas pada kesempatan ini.
( Baca Juga : Penjelasan Surah Al-Fill Ayat 4 dan 5 )

Ayat 2 Surah Al-Ashr


Surah Al-Ashr Ayat 2

Bacaan Latin : Innal Insaana lafii khusrin

Artinya : "Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,"

Penjelasan Surah Al-Ashr Ayat 2 : Kita dapat mengambil makna dari Arti ayat ke 2 surah Al-Ashr memberitahukan bahwa sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kerugian disini bukan merupakan kerugian harta, keuangan ataupun jabatan melainkan kerugian dalam kehidupan akhirat.

Ayat 3 Surah Al-Ashr


Surah Al-Ashr Ayat 3

Bacaan Latin : Illaal ladziina aamanuu wa 'amilush shoolihaati wa tawaashou bil haqqi wa tawaashou bish shobri

Artinya : "Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan saling berpesan dengan kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran."

Penjelasan Surah Al-Ashr ayat 3 : Coba dilihat bagian akhir dari arti surah al-ashr ayat 2 terdapat koma disitu, hal ini memberikan penjelasan bahwa terdapat pengecualian terhadap kerugian akhirat yang akan didapatkan suatu makhluk suatu hari nanti, Pengecualian disini ialah orang-orang yang beriman dan selalu beramal saleh kepada Allah dan yang saling berpesan dalam kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran. Jika diantara kita masih ada yang belum mencapai hal tersebut marilah kita tingkatkan hari ini juga waktu ini juga, karena kita tidak tahu bahwa kapan kita akan dipanggil untuk menghadap Allah SWT.
( Baca Juga : Syarat Wajib Bagi Orang Yang Hendak Berwudhu )

Oleh karena itu marilah kita menyegerakan untuk  meningkatkan amalan dan ibadah kita, Apalagi pada bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Semoga dengan 10 Hari pertama bulan Ramadan yang telah kita lalui ini dapat memberikan kita penghapusan dosa dari Ramadan yang dulu hingga Ramadan sekarang ini AMIN Ya Robbal Alamin.

Wassalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Berpesan Sesama Muslim Dalam Surah Al-Ashr"

Post a Comment