Penjelasan Mengenai Rukun Islam Secara Lengkap Dan Jelas

Penjelasan Mengenai Rukun Islam Secara Lengkap Dan Jelas - Rukun islam memang menjadi suatu acuan bagi seorang muslim bahwa ia mengaku dirinya adalah hamba Allah, selain itu saya akan sedikit menjelaskan kepada saudara muslimku sekalian bahwa rukun islam ini terdiri dari 5 faktor penting yang menjadi suatu kesatuan dalam umat islam sendiri, 5 faktor ini sangat penting sekali fungsinya bagi kelangsungan hidup seorang muslim di dunia maupun di akhirat kelak. Untuk itu saya akan sedikit membahas satu per satu rukun islam menurut ajaran yang telah dibawa oleh Rasullullah.
Anda dapat mendownload artikel ini diakhir postingan.
( Baca Juga : Penjelasan Berdoa Kepada Allah )


Rukun Islam

Penjelasan Mengenai Rukun Islam Secara Lengkap Dan Jelas

1. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Membaca dua kalimat syahadat berarti mengaku bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah Rasul Allah, hal ini menjelaskan kepada seluruh umat manusia bahwa dengan membaca dua kalimat syahadat dapat membebaskan diri kita dari siksaan neraka apabila dikerjakan dalam hati yang insya Allah dapat membantu kita diakhirat kelak. Untuk bacaan dua kalimat syahadat sebagai berikut :


Dua Kalimat Syahadat
Artinya : Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Vidio membaca dua kalimat syahadat
( Baca Juga : Manfaat Berpesan Sesama Muslim )

2. Mendirikan Shalat Lima Waktu Sehari Semalam


Sholat

Sholat merupakan amalan terpenting dalam kelangsungan umat islam, sholat wajib atau sholat fardu sendiri terdiri dari lima waktu yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya. Selain itu amalan dari sholat ini adalah amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah swt sebagai mana dalam hadist dijelaskan :

"Amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah swt di hari kiamat nanti adalah amalan sholatnya, barang siapa yang amalan sholatnya baik maka beruntunglah ia dan apabila amalan sholatnya buruk maka kerugian yang akan menimpanya." (HR. Tirmidzi)

Anda dapat melihat Vidio tata cara sholat wajib dengan benar.
( Baca Juga : Azab Karena Mencela Orang Lain )

3. Mengeluarkan Zakat


Zakat

Zakat merupakan amalan yang berguna untuk membersihkan jiwa seorang muslim dari hal-hal yang tidak baik, disini saya akan menjelaskan mengenai 2 macam zakat yaitu :

1. Zakat Fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan setiap muslim pada akhir bulan ramadan karena dengan zakat inilah manusia dapat membersihkan jiwanya yang kotor dengan mengeluarkan zakat fitrah sebelum waktu sholat Idul fitri tiba, besar zakat fitrah bagi setiap muslim adalah 3 kg makanan pokok didaerah tersebut atau sebesar Rp 30.000.

2. Zakat Mall merupakan zakat yang dikhususkan bagi setiap muslim yang mempunyai harta yang cukup, karena dengan mengeluarkan zakat mall inilah setiap harta dari muslim tersebuat akan bersih dari sesuatu yang buruk. Zakat mall ini sendiri dibayarkan berjumlah 2,5 % dari total harta seorang muslim tersebut, sebagai contoh apabila seorang hamba memiliki harta berjumlah Rp 1.000,000 maka zakat mallnya berjumlah 1.000,000/2,5 = Rp 400,000.

Vidio Mengeluarkan Zakat

4. Berpuasa Pada Bulan Ramadan


Berpuasa

Berpuasa pada bulan ramadan sangat penting untuk dilakukan karena dengan berpuasa pada bulan ramadan kita dapat belajar bagaimana orang-orang dibawah kita yang selalu lapar, oleh karena itu setiap muslim yang mengaku beriman wajib untuk berpuasa pada bulan ramadan.

Vidio Adab Puasa di Bulan Ramadan

5. Melaksanakan Ibadah Haji Bagi Yang Mampu


Ibadah Haji

Melaksanakan ibadah haji memang menjadi suatu cita-cita yang besar bagi sebagian umat muslim, tetapi karena terkendala masalah biaya ibadah haji ini hanya diwajibkan bagi orang yang mampu karena ibadah haji dilakukan di Arab Saudi tepatnya di Ka'bah mekah. Bagi orang yang tidak mampu ibadah ini tidak perlu dilakukan karena Allah sendirilah yang menyuruh bagi setiap orang yang tidak mampu baginya hanya mengerjakan 4 rukun islam sementara ibadah haji hanya akan diwajibkan bagi orang yang mampu dalam hal harta.

Vidio Melaksanakan Ibadah Haji

Demikianlah Penjelasan Mengenai Rukun Islam Secara Lengkap Dan Jelas semoga dapat bermanfaat bagi kita semua umat muslim yang selalu istiqomah dijalan Allah. Sekian dari saya MJ Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Karena Berhubungan Artikel ini tidak dapat dicopas kami membuatnya dalam versi Microsoft Office Word dan anda dapat mendownloadnya langsung hanya untuk keperluan pribadi bukan untuk blog. Terimakasih atas pengertian anda!!!

Download Penjelasan Rukun Islam - Mas Jonny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penjelasan Mengenai Rukun Islam Secara Lengkap Dan Jelas"

Post a Comment